Tips Hemat Membuat Kue di Rumah

Apa sih bahan yang biasanya paling mahal harganya untuk bahan kue?

Kalau untuk saya, jawabannya adalah keju!!!
Keju cheddar dengan merk yang sangat dikenal itu kan sudah mencapai 20 ribu untuk hanya 200 gr saja. 

Nah, ada satu cara yang tidak boleh terlewatkan agar menyediakan cadangan keju di rumah tidak menguras budget bulanan, yaitu: 

              Selalu update dengan promo-promo dari supermarket atau convenient stores. 
Convenient stores terkadang menawarkan harga diskon untuk produk-produk tertentu, walaupun jarang untuk produk keju. 
Yang sangat sering saya temukan menawarkan harga diskon produk keju adalah hypermart (yang kebetulan cukup dekat lokasinya dari tempat tinggal saya). 

Dalam satu tahun, beberapa kali, bisa dua atau tiga kali setahun, keju dengan berbagai merk terkenal
dijual dengan harga sangat miring. 
Produk-produk dalam daftar promo setiap akhir pekan selalu ada di internet. Jadi bisa cek apakah keju sedang diskon atau tidak. 
Kalau sedang dalam daftar promo, potongan harganya tidak tanggung-tanggung lho.. 
Satu tahun yang lalu, saya dapat keju K**ft 200 gr dengan harga hanya Rp. 9000, - 
Tentu, pikiran kita adalah tanggal expired produknya. Tenang, itulah yang harus kita cek terlebih dahulu. Kebanyakan yang saya dapatkan, tanggal expired-nya masih setahun kemudian. So, it's still safe ya.
Harga promo serendah itu untuk K**ft seperti once-in-a-lifetime achievement deh, entah kapan akan ada keajaiban sepeerti itu lagi. Di beberapa waktu promo, saya dapatkan juga harga promo Rp.12.000,-. Dan beberapa waktu lalu sebelum lebaran saya dapat Pro-C*** gold dengan harga Rp.9000,- saja, sehingga saya pun beli banyak sekali untuk persediaan beberapa bulan ke depan.
Alhasil, ketika eksekusi kastangel untuk sajian lebaran, saya tidak eman-eman dalam membubuhi keju sebagai topping maupun dalam campuran adonannya. 

Kalau sudah ada potongan seperti itu, saya beli juga gak tanggung-tanggung, seperti orang kulakan, hahahaha, karena saya pribadi dan keluarga suka keju untuk segala macam variasi olahan makanan atau kue. 
Saya beli minimal 10 packs. minimal lho yaa.. jadi itu harus. Sehingga, saya selalu memiliki banyak persediaan keju di rumah. Kapan pun ingin berkreasi dengan bahan keju, kita tidak perlu terbebani dengan harus mengeluarkan uang 20 ribu atau lebih terlebih dahulu untuk membeli keju, yang terkadang itu terasa berat sih... hehehe, sehingga akan di-skipped. 

Ada banyak variasi makanan yang bisa kita sajikan dengan keju. Salah satu favorit saya adalah salad buah dengan keju. Terlebih jika buah-buah yang digunakan buah yang agak masam, seperti apel malang, itu cocok sekali disajikan dengan saos salad keju, karena rasa masamnya ketika dicampur tidak akan terasa lagi. 
Favorit kami yang lain tentu saja cake-cake keju dan terang bulan keju susu yang tiap kali kita buat sendiri di rumah kapan pun kita inginkan.

         Membeli tepung terigu di toko khusus bahan kue. 

Selisih harga tepung yang berpackaged di toko-toko biasa ataupun convenient stores dengan harga tepung kilo-an dengan merk yang sama cukup besar lho. Pengalaman saya, bisa selisih 2500 sampai 3000 rupiah per kilogram. Contohnya di toko biasa, tepung segitiga harga Rp. 10.000,-, sedangkan di toko bahan kue tepung dengan merk yang sama harganya Rp. 7500,-, perbedaannya hanya pada kemasan. 

         Membeli baking powder, soda kue, ataupun fermipan dalam bungkusan paling kecil.

Karena catatan ini bukan untuk pemilik katering kue, tapi hanya untuk kita yang senang membuat kue sendiri di rumah, jadi tidak perlu membeli baking powder dll dengan takaran yang terlalu banyak (seperempat kilo tidak perlu). Baking powder dll hanya digunakan sedikit saja untuk setiap adonan kue. Takaran yang digunakan umumnya hanya setengah hingga satu sendok teh. Sehingga pembelian dengan takaran yang banyak hanya akan mubadzir atau sia-sia, sebab baking powder, fermipan dan semacamnya jika terlalu lama disimpan juga tidak akan berfungsi dengan baik dalam mengembangkan kue. 
Biasanya toko bahan kue menyediakan baking powder dll dalam bungkusan kecil-kecil untuk takaran jual yang paling sedikit, sehingga harganya pun sangat murah, bisa 1000 hingga 2000 rupiah saja.

Untuk teman-teman pembaca yang punya tips lain, mari ditunggu komentarnya. 

Previous
Next Post »