Martabak Bihun Madura - Kulit tidak sobek

Martabak Bihun Madura

Kami penggemar martabak bihun. Sayangnya, penjual martabak bihun sudah sangat jarang nih. Jadi, tak ada salahnya mencoba di rumah.
Awalnya saya pikir membuat kulit martabak yang kenyal dan tidak robek ini sulit dan butuh keahlian khusus layaknya pembuat pizza professional. Ternyata, gampang sekali yaaaa. Saya juga mengira ada campuran tepung tapioka/ kanji agar kenyal. Ternyata tidak sama sekali.

Bahan Kulit Martabak :
Hanya Tepung segitiga dan garam sedikit, serta air dingin secukupnya. Ya, itu saja!

Cara Membuat Kulit martabak tanpa sobek
Tepung segitiga +/- 200gr saja. Bubuhi garam sedikit, klo penyedap terserah mau dikasih apa tidak ya. Tambahkan air dingin secukupnya lalu uleni sampai kalis. Biar gampang uleni dg tangan yg sudah diminyaki. Lalu adonan didiamkan dalam rendaman minyak secukupnya selama 1 jam-an.

Nah, selagi menunggu tekstur kulit martabak siap untuk diapa-apain, kita buat Bihun untuk isi martabaknya. 

Bahan Bihun dan cara membuatnya:
Tidak perlu selengkap kalau kita masak bihun untuk sajian makanan. Ini cuma untuk isi martabak saja: bawang prei, bawang putih dan bawang merah haluskan, garam, bihun jagung (direndam di air dulu sampai melunak), kubis iris tipis dan wortel iris tipis seperti korek api (tanpa wortel pun gak masalah), saos tiram biar tambah lezat.
Oseng bawang prei, dan bumbu bawang yang sudah dihaluskan. Setelah harum beri air sedikit agar bumbu tidak gosong. Bubuhkan garam secukupnya. Masukkan irisan wortel dan kubis. Setelah sayur matang, masukkan bihun. Aduk hingga merata, tuangkan saos tiram secukupnya. Dicicipi saja apa yang kurang, sesuaikan dengan selera. 
Cara Membuat Kulit Martabak Bihun tanpa 

Step selanjutnya:
Setelah sekitar satu jam, tekstur kulit martabak sudah siap untuk ditipiskan tanpa khawatir sobek. Bihun sebagai isinya pun sudah siap. Kulit martabak ditipiskan di balik piring atau tmpat datar seperti di gambar, Tipiskan dengan jari dengan plastik di atasnya agar tidak mudah sobek. Lalu isi dg bihunnya, Dan lipat sesuai keinginan. Yang umum sih dilipat menjadi segitiga.
Lalu goreng di teflon, minyak gorengnya tidak sampai merendam ya, secukupnya aja spt di gambar.

Step Menggoreng Martabak:
Bisa pakai teflon, dan minyaknya sedikit saja (bukan deep fried ya), malah seperti dioseng saja. Bolak balik hingga kecoklatan seperti gambar. Pastikan kulit mengering seperti ini berarti sudah matang dan bisa dimakan. 

Ada 2 pilihan saos yang cocok untuk martabak bihun. 
1. Saos petis (bisa pakai petis tahu dan dicairkan lalu ditambah garam, dan tepung agar kental, atau cukup dididihkan saja agar mengental dengan sendirinya. Jangan lupa cabe dan garam sesuai selera)

2. Saos kuah pedas. 
Yang kedua ini saos favorit saya untuk martabak bihun, bisa dijadikan kuahnya karena saos ini encer sekali. Bahannya cukup cabe merah, cabe rawit, dan 1-2 tomat, yang dihaluskan bersama-sama, bubuhi garam. Siramkan ke martabak bihun yang mau dimakan. 

Previous
Next Post »