Terang Bulan Pandan Mini Lembut Sederhana Lezat

Terang Bulan Pandan Mini Lembut
Kalau di rumah lagi pengen kudapan lezat, tapi malas keluar rumah dan ingin lebih hemat, dengan sedikit modal tapi hasilnya banyak untuk orang serumah puas... terang bulan mini jawabannya! 

Jajanan ini benar-benar gampang bikinnya. Cuma butuh 5 menit untuk membuat adonannya. Tapi.. ya harus sabar dulu menunggu 30 menit adonan harus didiamkan agar nanti bisa mengembang/ tidak bantat ketika dimasak di cetakan. 

Saya sudah pernah mencoba berbagai resep, tapi karya saya kali ini yang paling enak rasa yang dihasilkan. Dan yang ingin saya share adalah terang bulan pandan mini. Selain karena hasilnya yang hijau cantik menggoda selera, rasanya ketika dipadukan dengan coklat... hmmm mantap!
Saya akan berbagi resep dengan takaran tepung terigu 150 gr (bukan 250 gr seperti resep yang beredar lainnya). Kali ini rasanya benar-benar lebih lezat.

Bahan:
Tepung segitiga 150 gr
Telur 2 butir (yang sebutir kuning telurnya saja). 
Susu putih cair 2 cangkir kecil (kira-kira 300 ml). 
Gula pasir 2-3 sendok
Susu kental manis (kira-kira 3 sendok) fungsinya agar terang bulan lebih berserat hasilnya. 
Baking powder setengah sendok teh
Soda kue setengah sendok teh. 
Fermipan setengah sendok teh (tanpa fermipan juga boleh). 
Perasa pandan 1 tetes

Bahan Topping:
Mentega untuk dioleskan
Coklat (boleh meses atau chocochips yang saya pakai seperti di gambar). 
Keju Cheddar parut
Susu Kental Manis. 
Kacang
dll sesuai selera

Cara Membuat:
1. Mixer (boleh kocok saja) 2 telur dengan gula dan susu putih cair hingga tercampur rata. 
2. Campurkan campuran tepung terigu, baking powder, soda kue dan fermipan ke dalam adonan no.1.
3. Aduk-aduk hingga merata menggunakan sendok besar dan tambahkan susu kental manis dan satu tetes perasa pandan.
4. Adonan yang terbentuk tidak terlalu padat dan tidak terlalu encer. Tandanya jika kita angkat sendoknya, adonan akan mengalir tanpa terputus. 
Jika adonan terlalu padat, bisa ditambahkan susu cair sedikit demi sedikit, hingga terbentuk adonan yang ideal. 
5. Diamkan adonan selama 30 menit, tutup adonan. 
6. Cetak adonan di atas cetakan kue kentang seperti di gambar. 
Terakhir tinggal berkreasi dengan topping sesuai selera. 

Untuk resep ini, bisa menghasilan 19-20 terang bulan mini




Tips: 
- Saya pakai alat pemanggang kue kentang, seperti foto saya ini. kalau sudah muncul bolong-bolong kecil di adonan ketika dituangkan ke pemanggangnya, tutuplah pemanggang agar kuenya masak merata. apinya kecil saja ya.
agar panasnya lebih merata, di bawah alat pemanggangnya bisa di letakkan lempengan seng atau aluminium (dibikinkan suami saya dari bekas toples wafer dll). 

agar terbentuk pinggiran kulit terang bulan seperti kalau kita beli di luar, caranya setelah saya tuang adonan ke cetakan pemanggang, kemudian saya angkat kedua pegangan pemanggang (jangan lupa pake kain yaa hahaha panas) dan di goyangkan searah/melawan jarum jam perlahan-lahan saja hingga adonan meluber ke sekeliling dinding cetakan. ingat, perlahan saja biar adonan tidak meluber ke luar dinding cetakan.
Previous
Next Post »