Agar-agar Labu Kuning Lapis Coklat: Lezat


Pertama kali mendengar bahwa buah Labu bisa diolah menjadi agar-agar adalah dari murid-murid saya. Katanya, “Enak, Ma’am!”. Saya bukan penggemar buah labu. Bahkan labu termasuk yang saya hindari ketika membuat kolak.
Akhirnya, saya dapatkan olahan labu yang bisa saya lahap. Lebih bahagia lagi karena suami lebih lahap lagi dalam menghabiskannya. Di kulkas tidak bertahan sehari, langsung habis! Yuk, coba:

Bahan:
Labu kuning 500 gr (boleh kurang dari itu lah.. Dulu saya dapat labu 1 kg, jadi saya coba separuh).
Agar-agar plain (putih).
Gula pasir segelas.
Gula merah 80 gr. (kira-kira saja. Saya tidak pernah mengukur porsinya sebenarnya. Gula merah yang biasa saya beli adalah yang sudah berbentuk bulatan separuh bola kecil. Saya masukkan 2 bulatan, karena aromanya jadi lebih enak).
Santan kental 100 ml. Santan encer 800 ml
Agar-agar coklat dan gula pasir setengah gelas
Coklat bubuk 1 sendok makan penuh
Susu kental manis coklat

Cara Masak:
1. Kukus Labu kuning hingga matang dan lembut, kemudian haluskan dengan sendok ketika hangat.
2. Lapisan pertama : Campurkan santan encer 500 ml dengan agar-agar plain (putih) di dalam panci pertama. Masukkan labu kuning (sisakan sedikit untuk dicampur ke agar-agar coklat nanti).  Aduk kemudian didihkan. Campurkan gula pasir dan gula merah ke dalamnya. Aduk terus hingga mulai mendidih segera masukkan santan kental 50 ml. Aduk lagi. Ketika mulai nampak mendidih sedikit langsung matikan api agar santan tidak pecah. Terus aduk hingga mulai dingin. Fungsi terus mengaduk adalah agar santan tidak membentuk lapisan yang terpisah ketika dicetak.
3.  Tuangkan agar-agar labu kuning ke dalam cetakan. Masukkan ke kulkas. Biarkan hingga mulai mengeras.
4. Lapisan kedua: Campurkan sisa santan encer (300ml) dengan agar-agar coklat ke dalam panci kedua. Masukkan sisa labu kuning halus tadi. Aduk kemudian didihkan. Campurkan gula pasir setengah gelas. Aduk terus hingga mulai mendidih segera masukkan santan kental 50 ml. Aduk lagi. Ketika mulai nampak sedikit mendidih langsung matikan api agar santan tidak pecah. Sambil terus mengaduk, campurkan coklat bubuk, lalu tuangkan susu kental manis coklat sesuai selera. Cicipi, apakah manisnya cukup. Jika masih terasa pahit, tambahkan gula pasir dan susu coklat lagi, sesuai selera. Terus aduk hingga dingin agar santan tidak membentuk lapisan terpisah.
5. Jika lapisan labu kuning sudah mulai mengeras, maka lapisan agar-agar coklat bisa dituangkan di atasnya. Masukkan kulkas kembali. Biarkan mengeras.
6. Setelah agar-agar jadi, Anda bisa membalik posisinya agar tampilan cantik seperti di atas.
Selamat mencoba!!! Pasti bisa!
Previous
Next Post »