Asem-asem Udang Tahu Sayur Bungkus Daun


Asem-Asem Udang Tahu Sayur Bungkus Daun
Entah kenapa, kemarin pagi teringat pernah makan dengan lauk ayam berkuah asem yang terbungkus daun pisang di warung pinggir jalan dalam perjalanan saya ke Semarang bersama suami enam bulan lalu.
Tidak tahu apa nama masakan itu, karena setahu saya tidak yang seperti itu di Madura. Di daerah saya, makanan terbungkus daun yang saya tahu adalah botok dengan beragam isinya, well.. botok memang ada di mana-mana.

Di daerah saya, masakan asem seperti ini ya tidak terbungkus daun. Tetapi semacam kuah asem yang dimasak dan disajikan di panci.
Dengan dibungkus daun dan dikukus, ternyata rasanya lebih hmm...yummy...  pokoknya berbeda dari sayur asem maupun garang asem di tempat saya.

Kembali ke teringat tadi, akhirnya saya jadi ingin banget makan asem-asem berbungkus daun itu lagi. Beli di sini juga tidak ada yang jualan masakan itu.

Karena di pasar saya beli udang seperempat, dan ada tahu di kulkas, dll. Akhirnya juga beli daun 2 ribu untuk membungkus.
Sayurnya juga sekalian deh biar tambah sehat... di kulkas adanya wortel dan kubis sedikit.

Eksekusi berhasil, walaupun took time karena prosesnya yang macam-macam, dari mulai iris-mengiris bahan yang cukup banyak hingga proses pembungkusan dengan daun, tapi semua worth-it, karena hasilnya yang memuaskan.
Berikut ini resep yang ingin saya share berdasarkan pengalaman masak kemarin pagi, setelah hasil browsing banyak sumber termasuk blog mbak Endang JTT tapi dengan banyak modifikasi, hehehe... karena saya sesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur saya.

Bahan utama:
- Udang ukuran kecil/ sedang 250 gr (buang bagian kepala dan bagian tajam di ekor, lalu beri perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan).
- Tahu 5 kotak, dipotong dadu, lalu digoreng (jangan sampai terlalu kering).
- 1-2 wortel iris agak besar sesuai selera
- Kubis potong-potong agak lebar (karena setelah dikukus akan layu)
- Daun pisang untuk membungkus.

Bahan halus: 
6 siung bawang putih
8 siung bawang merah
1 ruas jari lengkuas (banyak yang dikeprok, saya prefer ikut dihaluskan, biar ikut ke semua bungkus)
4 lembar daun jeruk
merica sedikit (saya skipped, karena suami saya tidak suka merica).

Bahan iris:
Cabe hijau besar (iris kotak)
Cabe merah besar (iris kotak lebih tipis).
3 siung bawang putih iris tipis
6 siung bawang merah iris tipis
cabe rawit utuh
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
4 buah tomat besar (iris kotak-kotak) -- tomat inilah yang akan memberikan sensasi asam pada masakan ini.
(Dalam resep-resep yang saya rujuk, hampir semuanya menggunakan belimbing wuluh. Berhubung saya tidak mencari belimbing wuluh, jadi ya sudah saya pakai yang ada saja di rumah yaitu tomat... ternyata juga tidak mengurangi kelezatan kok. Walaupun begitu, next time ingin mencoba pakai belimbing wuluh kalau ada). 
Air untuk mengoseng.
Garam secukupnya
Gula
Saos tiram 1 sdm.

Step 1
Oseng semua bumbu (bumbu halus dan bumbu iris) hingga harum. Masukkan udang. Lalu tambahkan air secukupnya. Masukkan wortel (Sedangkan kubis akan langsung dibungkus di daun saat mentah), Masukkan semua tahu goreng. Jangan lupa bubuhi garam, gula, dan saus tiram. Aduk rata. Cicipi sesuikan dengan selera. Jika sudah cukup, matikan api. Proses pematangan dan peresapan bumbu akan dilanjutkan di pengukusan.

Udang Tahu Sayur yang dioseng dulu
Tahapan ini sebenarnya bisa Anda lewati, karena semua bahan utama, bumbu halus, dan bahan iris
bisa langsung dicampur rata kemudian langsung dibungkus dengan daun, kemudian dikukus.
Cara seperti itu memang akan lebih praktis dan tidak memakan waktu lama.

Tetapi, karena ini pertama kali saya membuat asem-asem bungkus daun, jadi ada rasa tidak percaya diri jika saya langsung mencampur aduk semua bahan dan membungkusnya. Sebab saya tidak yakin jika harus mencicipi bumbu mentah... takut tidak pas. Jadi, saya oseng dulu semua bahan sebentar (tidak perlu hingga bumbu meresap, karena proses pematangan nanti akan dilanjutkan di tahap pengukusan).



Step 2 
Bungkus asem-asem udang tahu sayur dengan daun pisang. Tambahkan potongan kubis dan cabe rawit 2 buah tiap bungkus. Gunakan steples saja untuk menutup daunnya agar lebih praktis hehehe.
Asem-asem udang tahu sayur bungkus daun
Pastikan daun tidak sobek, sebab jika sobek, asem-asem akan gagal karena kuahnya akan merembes tumpah sehingga tidak ada bumbu yang akan meresap.

Hasilnya 8 - 10 bungkus 

Step 3
Kukus selama 20-30 menit.
Setelah dikukus, kita buka bungkusan daunnya, inilah hasilnya.. bumbu meresap banget, dan berpadu dengan aroma daun. Mantap! 
Asem-Asem Udang Tahu Sayur Bungkus Daun




Previous
Next Post »