Kentang Panggang Bawang Keju Susu - Potato Onion Milk Cheese

Kentang Panggang Bawang Keju Susu - Potato Onion Milk Cheese
Setelah sangat puas dengan makan nasi jagung pepes ikan asin pindang dengan sayur lodeh, kali ini saya coba membuat menu breakfast yang berbau "western", alias nggak orang Indonesia banget, karena menu nya no-rice. Kita makan kentang saja. 
Di rumah sih tidak ada masalah, terlebih lagi, suami saya adalah potato lover. 

Bahan-bahannya pure apa yang tersedia di kulkas saya, karena saya suka malas keluar rumah, hehehe. 

Bahan:
Kentang setengah kilogram.
Susu UHT putih satu gelas kecil (200 ml)
Keju cheddar parut (takaran sesuai selera), saya banyakin karena suka keju dong. 
Bawang bombay. 
Potongan tomat dan daun bawang serta selada sebagai garnish tapi juga bisa dilahap sekalian. 
garam secukupnya.

Step 1
Setelah kentang dicuci bersih dari debu (saya tidak kupas), kukus hingga matang. 

Step 2
Siapkan saosnya: iris bawang bombay, lalu dioseng sebentar hingga harus. Masukkan susu dan parutan keju cheddar. tambahkan sedikit garam sesuai selera. Aduk hingga mulai mendidih dan sedikit mengental. Matikan. 

Step 3
Kentang kukus yang sudah matang, bungkus jadi satu dengan aluminium foil, lalu panggang di atas pemanggang. Seadanya alat di rumah anda yaa... saya sih pakai panggangan sate yang saya taruh di atas api kompor. Kalau tidak memungkinkan untuk memanggang, ya sudah terima nasib saja, diubah judul resepnya menjadi kentang kukus, bukan kentang panggang, hehehe. 

Step 4
Setelah kentang dipanggang, tentu menghasilkan aroma yang lebih nikmat. Belah masing-masing kentang menjadi dua bagian (saya tetap tidak kupas kok). Kemudian, tata di piring saji. Olesi masing-masing kentang dengan saos bawang keju susu. Terakhir jangan lupa garnish sebelum masuk studio photo, haha. 

Hasilnya, kentang setengah kilo langsung habis!!!

Previous
Next Post »