Pizza Teflon Praktis Garing and Lezat topping sosis dan jagung manis

Homemade Pizza Teflon Praktis Garing dan Lezat
Berhubung harus pergi ke Surabaya kalau ingin ke resto Pizza... yaa ada sih yang pizza homemade online.. tapi kalau harus beli terus lumayan terkuras juga kantong... dan gak bebas nambah-nambah kalau belum puas. Jadi, harus bisa bikin sendiri nih, dan ternyata gampang banget ya bikinnya.

Memang sudah banyak berkeliaran resep pizza teflon yang bisa ditemukan di google, tapi kali ini saya akan share resep homemade pizza teflon yang lebih praktis dan garing serta lezat tentunya.
Ini terutama buat kita yang selalu sedia keju cheddar yang bukan melting, dan juga tidak perlu ribet membuat saos untuk toppingnya, karena pengalaman saya, kita bisa menggunakan saos bolognese spaghetti. So, jauh lebih praktis kan...

Homemade Pizza Teflon yang saya buat ini lebih garing karena saya menggunakan tepung kunci (bukan segitiga). Ini masalah selera saja sih... kalau Anda ingin rotinya lebih bertekstur dan lebih agak tebal ya bisa menggunakan tepung segitiga. Tapi jika ingin lebih garing bagian bawahnya, bisa dicoba resep dengan tepung kunci ini yaaa.

Bahan Pizza:
250gr tepung kunci biru
1 butir telur
200 ml susu UHT putih (hangatkan sebentar).
1 sendok makan penuh mentega (cairkan)
3 gr fermipan
3 sendok minyak

Bahan Topping Pizza:
2 gulung sosis - potong tipis-tipis
1-2 jagung manis
Bawang bombay
Tomat 2 (blender sebentar)
Keju cheddar parut
gula dan garam

Step 1
- Campurkan minyak dengan fermipan di sebuah cangkir kecil. Aduk, lalu diamkan hingga 5-8 menit.
- Sementara menunggu fermipan mengembang, rebus jagung manis hingga matang lalu dinginkan dengan menyiramnya dengan air dingin, kemudian preteli.

Step 2
- Tuangkan fermipan dan minyak yang telah mengembang ke dalam wadah yang berisi tepung kunci biru. Masukkan juga telur dan mentega cair. Uleni dengan tangan, sambil tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Rasakan tekstur adonan, jika terlalu lembek, bisa tambahkan tepung sedikit saja, atau jika terlalu keras bisa tambahkan susu cair, sesuaikan saja hingga kalis dan teksturnya kira-kira seperti gambar di samping.

-  Bagi adonan menjadi 2 bagian sama besar. Lalu diamkan di wadahnya selama 30 menit, sambil ditutup dengan kain lap. Biarkan mengembang.

Step 3 (membuat topping pizza sosis dan jagung)
- Oseng bawang bombay setelah minyak panas, lalu masukkan tomat halus.
- Masukkan potongan sosis dan pretelan jagung.
- Bubuhi gula dan garam, sesuaikan dengan selera.
- Tambahkan saos bolognese secukupnya (2 -3 sendok makan).
- Aduk topping dan cicipi sesuai selera.

Step 4
- Setelah topping sudah siap, dan 30 menit adonan yang didiamkan sudah mengembang, saatnya memanggang pizza di atas teflon.
- Ratakan setengah adonan pizza di permukaan teflon sedemikian rupa dengan tangan sehingga membentuk lingkaran yang rapi.
- Mulai letakkan teflon di api kecil, lalu bubukan topping pizza secara merata di permukaan pizza. Jangan lupa tambahkan keju ke seluruh permukaannya.
- Tutup teflon agar pizza matang merata.

- Selagi menunggu pizza pertama matang, siapkan adonan kedua, ratakan di tatakan membentuk lingkaran yang sama.

- Setelah 10-15 menit, periksalah bagian bawah pizza yang sedang dipanggang di telfon, jika sudah kecoklatan (jangan sampai gosong), berarti pizza sudah matang.

- Pizza kedua siap dipanggang, lakukan proses pemanggangan yang sama dengan yang pertama.


Tips untuk teflon: agar panas dari api yang kecil ke teflon merata sehingga bagian bawah pizza tidak gosong di tengah, letakkan lempengen seng di bawah teflon.

Homemade Pizza Teflon Praktis Garing dan Lezat


Previous
Next Post »