Cara Booking Night Bus di Jepang

Japan highway bus links 70 + routes.
Di catatan saya sebelumnya, sudah saya ceritakan mengapa saya dan suami memilih untuk  naik Bus untuk perjalanan antar kota selama kami di Jepang. Baca Perjalanan dengan Subway dan Night Bus di Jepang

Banyak yang mengirim pesan pada saya menanyakan tentang bagaimana cara booking night bus saat saya liburan di Jepang. Jadi, kali ini, catatan saya akan membahas khusus tentang cara booking night bus Jepang.

1. Booking Night Bus Jepang secara online pada saat kita masih di rumah, bukan di lokasi.
Dengan dipandu itinerary yang sudah kita buat, kita bisa memilih jadwal night bus yang sesuai dengan rencana perjalanan kita secara online di https://willerexpress.com/en/
Pastikan itinerary fixed beberapa minggu sebelum kita terbang, sehingga kita bisa booking night bus maksimal 1 minggu sebelum berangkat ke Jepang, sebab jika terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan, besar kemungkinan kita kehabisan kursi untuk night bus yang direncanakan. Jika terjadi demikian, rencana kita bisa kacau, terutama bisa mengacaukan budget, hehehe. Bisa-bisa harus naik shinkansen yang mahal!!!

Di situs resmi willer express, kita tinggal memilih tanggal dan route yang ingin diambil. Saya menempuh perjalanan dari Kyoto ke Tokyo dengan night bus, juga dari Tokyo ke Osaka. Masing-masing saya pilih night bus yang paling murah di kantong yaitu 4500 Yen per orang. Ada banyak pilihan lain hingga 8500 yen ato lebih per orang. Ada harga tentunya ada fasilitas. Harganya berdasarkan fasilitas kursi penumpang, yang lebih mahal tentunya yang kursi selonjor, hehehe, enak kan malam-malam bisa tidur selonjor di bus. Ada juga yang lebih ekslusif lagi, night bus dengan fasilitas individual seats, jadi masing-masing kursi terpisah satu sama lain.
Tinggal pilih. Ada harga ada fasilitas. Saya mah pilih yang paling murah, buktinya tetap bisa tidur nyenyak juga... karena walaupun yang paling murah, bukan berarti bus nya dapat yang reot atau bermasalah, hahahaha. Beda jenis kursi saja...

2. Pada saat booking, ada pengisian data. Yang terpenting adalah jangan sampai keliru menuliskan alamat email kita, karena bukti booking night bus dikirim via email yang nantinya harus dicetak untuk dibawa ke Jepang.

3. Setelah booking, ada pembayaran dengan mastercard/visa/dll bisa dipilih sesuai dengan credit card kita.

4. Setelah pembayaran dikonfirmasi, willer express akan mengirimkan bukti booking untuk kita print dan bawa, beserta bukti pembayaran kita (Reservation Confirmation). Seperti ini sebagian penampakannya:


Sebenarnya reservation confirmation itu pasti lengkap dengan nomor Bus yang akan kita naiki dan juga bukti bahwa kita sudah membayar, tapi gambar di atas sengaja saya potong karena memuat informasi data pribadi saya.

Yang paling penting diperhatikan adalah Boarding Location and time yang diinfokan di confirmation page itu. Keberangkatan bus sangat tepat pada waktunya, jadi jangan harap ada jam karet keberangkatan. Big No! Kalau anda telat 5 menit saja, ya pasti sudah tertinggal oleh bus.
Jadi, saran saya cari boarding location itu jauh lebih awal. Ya antisipasi pencarian boarding locationnya lama. Pengalaman saya sih tidak ada kesulitan. Daripada bingung, bisa langsung tanya penduduk setempat, tunjukkan saja boarding location itu.

Di lokasi boarding, pasti akan ada sign board seperti ini:



Petugas melakukan pengecekan penumpang yang memiliki reservation confirmation
Pemandangan baru bagi saya yang biasanya melihat orang grudukan masuk bus, kali ini tidak. Di Jepang, bahkan masuk bus pun, mereka antre berbaris in 1 line. 
Last thing, but not less important: hehe, Don't forget to get a snapshot of it. Coz this will be one of your nicest memories!

Semoga catatan ini bermanfaat. Yuk ke Jepang!!!

Previous
Next Post »