TABIMORI : Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Selama Backpacking or Travelling di Jepang


Kali ini, saya akan membahas tuntas tas tentang manfaat serta cara penggunaan Aplikasi Tabimori. Silakan scroll ke bawah untuk link download-nya. Tabimori memiliki beberapa features di dalamnya, antara lain:
Life and Culture, Weather Forecast, Speech Translation, Currency Converter, Transfer Guide, Free-Wifi Guide, Souvenir of Japan, Phrase Book, Japan Guide, Emergency Manual, List of Embassies, Flight Information, dan Narita Airport Applications.

Namun dalam postingan ini, saya akan fokus untuk membahas feature Transfer Guide yang memang sangat berguna untuk memandu semua perjalanan kita selama di Jepang.  

Sebenarnya feature ini semacam versi sederhana dan compact dari layanan yang diberikan oleh http://www.hyperdia.com/. 


 Ini yang saya amazed banget tentang Jepang. Semua kemudahan tersedia untuk para travellers. Jangan khawatir tersesat walaupun anda pertama kali backpacking ke Jepang.
Dengan feature "Transfer Guide" ini memudahkan kita untuk mendapatkan petunjuk dalam memilih subway yang tepat, tentu saja dengan sebelumnya harus browse stasiun yang terdekat dengan tempat yang akan dituju.

Contoh:
Pagi pertama di kota Tokyo, tujuan utama kami adalah sebuah taman di Shinjuku yang sangat terkenal untuk menyaksikan pohon sakura, yaitu Shinjuku-Gyoen, salah satu taman yang paling terkenal untuk hanami pada musim semi ketika bunga Sakura sedang bermekaran.
Langkah pertama adalah kita harus browsing dulu nama stasiun terdekat dengan taman tersebut. Setelah ditemukan bahwa stasiun terdekatnya adalah Shinjuku-Gyoemmae, masukkan data nama stasiun di layar yang tersedia seperti di samping.
Nah, karena hotel kami (APA hotel yang beruntung kami dapat dengan diskon gila via online!) pada saat itu letaknya di Ikebukuro, jadi masukkan data Departure: Ikebukuro, dan Arrival adalah stasiun Shinjuku Gyoemmae.

     Hasilnya sebagai berikut:



 Sebenarnya ada 10 pilihan route yang muncul, tapi maaf screenshot route no. 3 dan 6 terlewatkan.
Jelas kan... ternyata ada route yang termurah yaitu hanya 170 yen, daripada route lain yang memakan biaya 2 kali lipatnya.
Baiklah, kalau begitu kita akan pilih no. 2, seperti ini routenya:

Berarti ketika di stasiun Ikebukuro, kita harus pilihTokyo Metro Fukutoshin Line, lalu turun di Stasiun Shinjuku-Sanchome dan ikuti Tokyo Metro Marunouchi Line, dan terakhir turun di stasiun tujuan yaitu stasiunShinjuku-Gyoemmae.
Setelah keluar dari stasiun Shinjuku-Gyoenmae, tinggal kita cari petunjuk arah menuju Shinjuku-Gyoen, walking-distance nya hanya sekitar 5 menit ya.

Gampang, bukan....? Begitu mudahnya kita backpacking di Jepang dengan Tabimori selalu di tangan. Semua serba jelas, jadi jangan takut tersesat.






Pasti ada yang bertanya-tanya juga tentang Lines yang saya sebutkan di atas. Jangan khawatir juga, di setiap stasiun di Jepang, semua tulisan/ signboards jelas kok. Contohnya ketika harus memilih Marunouchi Line, pastikan Anda melihat dan mengikuti arah sign board sepert ini:


Baiklah, itu salah satu contoh penggunaan aplikasi Tabimori yaaa... kalau ada pertanyaan, jangan ragu tanya langsung saja di bawah sono.

Oia, next time, saya akan tulis tentang Japan subway map yaa... karena itu juga modal penting yang harus selalu ada di tangan ketika backpacking di Jepang. Bagi yang pertama kali ke Jepang mungkin akan kaget ketika melihat subway map Jepang yang jauuuuuuuuuuuuuhhhhhhh "nampak" lebih rumit daripada subway di Singapore (bagi yang sudah pernah ke Singapore). Seperti saya yang awalnya kebingungan membaca subway mapnya, tapi setelah mencoba beberapa kali akhirnya...... oke!

Yuk, buruan ke Jepang!!!!!!

Nah, untuk mempelajari lebih banyak lagi kegunaan-kegunaan Tabimori download di sini: Tabimori pdf 
untuk download applikasi tabimori : download Tabimori App

Previous
Next Post »